Pengertian Koperasi Produksi, Konsumsi, Simpan Pinjam, Dan Serba Usaha

Pengertian Koperasi Produksi, Konsumsi, Simpan Pinjam, dan Serba usaha_Koperasi dikelompokkan menjadi 3 macam yakni koperasi menurut jenis usahanya, keanggotaannya, dan tingkatannya. Koperasi menurut jenis bisnisnya dibedakan menjadi koperasi produksi, konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), dan Koperasi Serba Usaha (KSU). Apa pemahaman koperasi produksi, koperasi konsumsi, KSP, dan KSU?, simak penjelasannya selaku berikut.
 macam yakni koperasi menurut jenis bisnisnya Pengertian Koperasi Produksi, Konsumsi, Simpan Pinjam, dan Serba Usaha

1. Pengertian Koperasi Produksi
Koperasi jenis ini menjalankan jerih payah buatan atau menciptakan barang. Barang-barang yang dijual di koperasi yakni hasil buatan anggota koperasi. Bagi para anggota yang memiliki usaha, sanggup memasok hasil produksinya ke koperasi. Misalnya, berupa hasil kerajinan, busana jadi, dan materi makanan.

2. Pengertian Koperasi Konsumsi
Koperasi ini menawarkan semua keperluan para anggota dalam bentuk barang antara lain berupa materi makanan, pakaian, alat tulis atau perlengkapan rumah tangga.

3. Pengertian Koperasi Simpan Pinjam (KSP)
Koperasi ini melayani para anggotanya untuk menabung dengan mendapat imbalan jasa. Bagi anggota yang membutuhkan dana sanggup meminjam dengan menampilkan jasa terhadap koperasi. Pengembalian santunan dilaksanakan dengan mengangsur. Jasa yang diberikan terhadap penabung dan jasa yang diterima koperasi dari peminjam sesuai dengan janji pada rapat anggota.

4. Pengertian Koperasi Serba Usaha (KSU)
Koperasi Serba Usaha (KSU) terdiri atas banyak sekali jenis usaha. Seperti memasarkan keperluan pokok dan barang-barang hasil buatan anggota, melayani simpan pinjam dan pelayanan jasa.

Demikian Pengertian Koperasi Produksi, Konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam, dan Koperasi Serba Usaha. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel