13 Tips Memulai Usaha Fotokopi Cepat Balik Modal

Tips Memulai Usaha Fotokopi

Fotokopi merupakan bisnis yang membutuhkan kearifan dalam memilih peluang. Artinya bisnis fotokopi bisa berjalan dengan lancar jika sang wirausahawan bisa melihat celah yang tepat saat memulai usahanya. usaha fotokopi bengkel potong rambut dan penjualan pulsa termasuk jenis usaha yang bisa kita mulai dengan modal tidak terlalu banyak,

Kali ini ada beberapa tips bagi yang baru mulai memulainya, yaitu:

1. Tempat yang tepat

Hal utama yang harus disiapkan untuk mulai membuat fotokopi tentunya adalah lokasinya. Karena sangat penting untuk memastikan perkembangan jangka panjang dari bisnis yang menguntungkan ini. Dengan memilih lokasi yang cocok untuk mulai membuat penggandaan, akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis berikut.

Sebaiknya Anda memulai bisnis dengan memilih lokasi di sekitar sekolah, kampus, perkantoran, instansi pemerintah, atau tempat lain yang dapat menunjang perkembangan bisnis fotokopi. Karena tempat-tempat seperti contoh ini punya peluang besar untuk mengembangkan bisnis fotokopi.

Permintaan lokasi syuting untuk sekolah menengah saya tinggi. Namun, setelah pemerintah daerah pindah SMP, bisnis syuting sangat sepi. Jadi Anda harus bersiap jika ada perubahan seperti itu.

2. Salinan modal komersial

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis fotokopi tidak banyak. Masih ada 23 juta orang. Apalagi jika Anda menggunakan kamera, Anda sudah memiliki laptop, etalase toko, meja dan kursi. Di bawah ini adalah rincian transkrip modal saham

  • Etalase kaca: 1.500.000
  • Mesin Fotocopy: 15.000.000
  • Laptop / PC: 3.000.000
  • Jumlah printer foto: 1.500.000
  • ATK Dijual: 1.000.000
  • Kursi meja PC: 300.000
  • Total modal: 22.300.000

3. Biaya bulanan yang rendah

Biaya yang dikeluarkan untuk operasi pembuatan film sangat rendah. Kurang dari 3 juta. Apalagi jika gaji penjaga foto rumah Anda kurang dari yang saya tulis di sini. Bahkan lebih murah jika Anda memotret diri sendiri. Rincian berikut adalah untuk pengeluaran yang harus Anda persiapkan.

  • Gaji satu karyawan: 1.000.000
  • 100 rim kertas: 2.300.000 (beli dalam jumlah besar dengan harga lebih murah)
  • Air, listrik, dll.: 150.000
  • Total biaya: 3.450.000

4. Manfaatnya proporsional

Misal, Anda bisa menjual 100 tumpukan kertas foto per bulan, dengan harga jual Rs. 80 per lembar. Jadi manfaatnya adalah sebagai berikut.

  • Hasil Pencitraan: 4.000.000
  • Hasil penjilidan: 100.000
  • Hasil Penjualan ATK: 600.000
  • Pencetakan foto: 400.000
  • Pendapatan: 5.100.000
  • Biaya bulanan: 3.450.000
  • Pajak 1%: 51.000

Keuntungan per bulan: 1.599.000

Keuntungan Anda akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan pelanggan Anda. Menarik bukan?

5. Kualitas salin

Tidak hanya ditempatkan secara strategis, kualitas gambar juga harus terjamin. Karena itu akan sangat membantu Anda dalam melayani konsumen. Semakin baik kualitas salinan yang Anda berikan, konsumen akan semakin percaya diri.

Apalagi jika konsumen puas dengan layanan dan hasil copy Anda, prospek bisnis Anda akan semakin baik. Selain itu, akan lebih baik jika meningkatkan kualitas dengan mesin fotokopi yang sesuai dan lebih canggih jika memungkinkan, Anda juga memerlukan komputer tambahan untuk lebih mendukung kinerja pekerjaan fotokopi Anda.

6. Kualitas + Senyuman = Pelanggan Biasa

Hal lain yang sangat penting untuk menunjang kualitas pekerjaan Anda. Dengan kata lain, interaksi tersenyum dan bersahabat dengan konsumen merupakan investasi yang tidak perlu Anda bayarkan, namun bisa berdampak besar.

Konsumen akan senang melihat salinan Anda. Mereka akan menjadi klien.

Peluang Usaha Fotokopi

7. Fotokopi Perkembangan Usaha

Dalam sebuah bisnis sudah pasti pemiliknya selalu ingin mengembangkan usahanya agar lebih baik lagi, selain diimbangi dengan kerja keras yang maksimal tentunya dibutuhkan ide-ide untuk lebih mengembangkan usahanya.

Contoh pengembangan bisnis fotokopi yang bisa dilakukan adalah menambah bisnis dengan ATK (Alat Tulis Kantor). Karena ATK terkait langsung dengan bisnis fotokopi. Sebenarnya, tambahan modal akan dibutuhkan untuk memulai bisnis ini nanti, tetapi di sisi lain, Anda bisa melihat sendiri mengembangkan bisnis fotokopi Anda sendiri. Semakin lama durasinya, semakin canggih aplikasinya. Belum lagi jika Anda bisa bertani dan menemukan celah yang tepat, dengan harga yang kompetitif dan bersahabat, akan lebih mudah bagi Anda untuk menarik konsumen.

8. Tingkatkan fotokopi

Jangan salah, bisnis fotokopi juga butuh promosi. Kunci untuk mempromosikan memulai bisnis fotokopi adalah lokasi yang strategis dan kualitas salinan Anda. Karena dengan dua kunci ini Anda bisa melakukan upgrade. Konsumen yang akan mempromosikan bisnis fotokopi Anda.

Dengan kualitas yang tinggi dan lokasi yang strategis, konsumen melakukan promosi tidak langsung tentang bisnis Anda dari mulut ke mulut kepada teman atau keluarga di sekitar Anda. Hanya jika memiliki modal lebih bisa menggunakan brosur sebagai alat promosi yang mudah digunakan dan mudah diketahui calon konsumen.

9. Layanan khusus

Semakin kreatif Anda berpikir, semakin banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. Ini kasusnya dengan ini. Layanan khusus. Ini mungkin belum dikenali dan digunakan oleh perusahaan fotokopi lainnya.

Artinya, Anda dapat menambahkan layanan transfer salinan skala besar. Ini sangat membantu dalam mendorong bisnis Anda ke depan. Atau jika Anda menginginkan layanan khusus lainnya, Anda dapat menggunakan hak istimewa kupon tertentu untuk menarik lebih banyak konsumen. Misalnya, untuk salinan lebih dari 200 buah, Anda akan mendapatkan 1 hadiah. Dan jika Anda mengumpulkan 5 kupon, Anda akan menerima 10 salinan gratis.

10. Jual percetakan dan perlengkapan kantor murah

Tidak ada bisnis fotokopi yang lengkap tanpa menjual perlengkapan kantor. Misalnya pulpen, pensil, buku catatan, dll. Selain meningkatkan keuntungan, Anda juga dapat meningkatkan jumlah salinan Anda. Jadi ketika saya masih kuliah, layanan cetak terlaris saya adalah fotokopi. Harga biasa Rp 200 per lembar.

Bayangkan betapa murahnya itu. Setelah diselidiki ternyata menggunakan mesin fotokopi sebagai printer, jadi murah banget.

Selain murah, hasil fotonya juga tidak luntur jika terkena air atau disimpan dalam waktu lama, karena itu kami lebih memilih fotocopy daripada print box biasa.

11. Membuka perusahaan percetakan foto digital

Saat ini banyak sekali orang yang membutuhkan foto ukuran 3 x 4 atau 4 x 6, dan biasanya sudah memiliki salinan foto secara elektronik. Anda bisa memulai bisnis cetak foto dengan bermodalkan printer warna berkualitas tinggi. Nah ini bisa jadi peluang bisnis baru buat Anda.

12. Jaringan dan pengetahuan Perluas jaringan.

Beri mereka kualitas yang baik. Jika diketahui banyak orang, sebaiknya salin ke orang yang Anda kenal. Anda juga bisa mendapatkan proyek fotokopi besar baik dari instansi pemerintah maupun perusahaan swasta.

13. Mulailah sekarang

Jadi, inilah beberapa tip baru untuk memulai bisnis fotokopi Anda. Dimulai dengan niat dalam berbisnis, harus ada lebih banyak keinginan dan harapan dari pemiliknya untuk terus mengembangkan peluang bisnisnya yang luar biasa. Siapa bilang kamu tidak bisa ??? Sadarilah dan alami segera, karena tidak ada yang bisa menjamin impian Anda, hanya mimpi dan kembali ke kenyataan, bangun dan kemudian terus bekerja untuk berusaha mencapai apa yang Anda cita-citakan dan harapkan. Karena tidak ada yang tidak mungkin. Semoga sukses, sayap kesuksesan ada di tangan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel