Cara Mulai Bisnis Laundry Rumahan

Cara Memulai Bisnis Laundry Pemula

Jika Anda menginginkan pekerjaan dengan keterampilan yang cocok untuk pemula, bisnis laundry adalah pilihannya. Bisnis ini bisa dijalankan dari rumah dengan cara online, yang membuatnya relatif mudah. Meskipun bisnis ini terdengar sederhana, namun tetap berisiko jika Anda memulainya tanpa perencanaan yang matang.

Bagaimana cara memulai bisnis laundry bagi pemula

Jauh sebelum memulai bisnis laundry, perlu dilakukan tahapan penelitian dan penetapan strategi bisnis. Berikut rangkaian metode yang akan memudahkan Anda dalam mendirikan perusahaan laundry:

1. Pahami seluk beluk mencuci

Untuk membuka perusahaan laundry kiloan, Anda bisa membukanya tanpa pikir panjang. Namun, opsi ini membawa risiko kegagalan yang lebih cepat karena kurangnya persiapan atau salah urus bisnis.

Cara terbaik memulai bisnis ini adalah dengan meneliti seluk beluk aktivitas laundry Anda terlebih dahulu. Menanyakan orang yang paham bisnis ini juga merupakan langkah yang tepat. Manfaat mengambil opsi ini adalah Anda akan memahami beberapa hal seperti peluang bisnis laundry, penyiapan peralatan, desain layanan, biaya operasi, dan promosi.

2. Hitung kebutuhan modal

Memulai bisnis dengan melakukan riset terlebih dahulu akan memudahkan Anda dalam menghitung berapa besar modal yang Anda butuhkan. Modal usaha laundry tidak hanya berupa mesin cuci dan setrika saja, masih banyak faktor lain yang sangat sulit dilihat jika tidak melihat bisnis ini secara detail.

Beberapa faktor yang menentukan besarnya modal adalah sewa, gaji karyawan, dan berbagai perlengkapan penunjang lainnya. Setelah Anda mengetahui semua faktor modal, ini akan memudahkan pilihan pembiayaan bisnis Anda. Apakah anggaran pribadi Anda memadai atau Anda perlu menggunakan dana pinjaman?

3. Tentukan lokasi

Faktor penting yang menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis laundry adalah strategi lokasi. Lokasi yang salah akan menyebabkan pelanggan kehabisan bisnis dan akhirnya berhenti bekerja.

Sebelum mencari bisnis, Anda perlu memahami apa target pasar Anda. Siapakah orang yang membutuhkan dan menggunakan jasa laundry?

Pelajar, pekerja kantoran dan pekerja rumahan adalah pasar utamanya. Oleh karena itu, pilihlah lokasi bisnis yang dekat dengan dana pensiun yang mereka tinggali. Tujuannya adalah untuk berada dalam jangkauan semua orang dan menemukan mereka.

4. Pantau pesaing

Bisnis laundry bukanlah ide bisnis baru. Bisnis ini sudah begitu lazim sehingga mungkin sudah ada di sekitar Anda. Jadi, ketika Anda menemukan bisnis ini, yang akan Anda lakukan adalah memperhatikan jika ada pesaing di sekitar Anda.

Tidak ada pesaing yang akan membuat peluang Anda lebih lancar. Jika pesaing Anda telah mendominasi ceruk pasar, Anda memerlukan strategi pemasaran persaingan yang tepat. Lihatlah layanan yang ditawarkan pesaing Anda, dimulai dengan harga, layanan, dan pemasaran.

5. Harga

Dengan persaingan di sekitar Anda, Anda akan mengetahui setidaknya harga pasar untuk cucian dalam kilogram. Penetapan harga pasar akan membantu menentukan strategi penetapan harga untuk bisnis Anda. Beberapa faktor yang menentukan harga adalah pembelian peralatan atau modal awal, biaya sewa, gaji pegawai, biaya listrik, dan pemeliharaan peralatan.

Setelah menghitung semua faktor harga, bandingkan dengan harga pasar. Jika harga pasar masih menguntungkan, Anda bisa bersaing di harga tersebut. Dimungkinkan juga untuk mengenakan tarif yang lebih tinggi selama Anda menawarkan layanan tambahan yang lebih baik.

6. Menetapkan standar pelayanan yang memuaskan

Harga rendah bukan satu-satunya hal yang memenangkan persaingan antar binatu. Memang pelayanan yang memuaskan tetap memberikan peluang untuk menarik pelanggan meski harganya lebih tinggi.

Untuk memberikan layanan yang memuaskan, Anda harus mengedukasi staf tentang cara mencuci yang benar berdasarkan jenis kain. Layanan pelanggan juga harus belajar bagaimana menangani keluhan pelanggan. Selain itu, Anda juga memerlukan langkah-langkah untuk mencegah masalah yang sering dihadapi cucian, seperti pakaian ganti, rusak, atau hilang.

Untuk meningkatkan layanan, tawarkan jaminan atas kesalahan yang dilakukan oleh aktivitas laundry. Misalnya, menukar kerugian pelanggan dengan kompensasi dalam bentuk uang atau menawarkan laundry gratis beberapa kali.

7.  Mencari Modal Usaha

Modal adalah hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Tanpa memiliki modal, semua agenda dan perencanaan bisnis tidak bisa berjalan dengan lancar.

Tidak perlu bingung untuk mencari modal usaha dalam bisnis. Anda banyak jalan yang bisa Anda pilih, salah satunya dengan mengajukan pinjaman modal usaha di perusahaan financial technology P2P Lending.

P2P Lending adalah alternatif pinjaman modal usaha yang lebih mudah dan cepat jika dibandingkan lembaga keuangan konvensional lain. Di P2P Lending, Anda mendapatkan pinjaman modal dari masyarakat yang bergotong-royong mengumpulkan dana untuk modal usaha Anda.

Selain mudah dan cepat, bunga pinjaman di P2P Lending juga tidak mahal. P2P Lending Modal Rakyat misalnya, akan menentukan bunga pinjaman berdasarkan skor kredit Anda. Skor kredit ini didapat setelah Tim Modal Rakyat melakukan survei dan penilaian terhadap performa keuangan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda tidak akan terbebani dengan bunga yang tinggi.

8. Tentukan Strategi Marketing

Strategi marketing penting agar bisnis Anda dikenal oleh pelanggan. Strategi marketing awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyebarkan brosur ke lokasi tempat tinggal target market Anda.

Anda tahu bahwa market Anda kebanyakan adalah pengguna smartphone yang aktif di dunia online. Melihat kondisi ini maka Anda perlu memasukkan strategi online marketing ke bisnis Anda. Tujuannya adalah agar Anda bisa ditemukan secara online oleh pelanggan di sekitar Anda.

Agar bisnis Anda muncul di online, Anda bisa memanfaatkan layanan dari Google My Business. Layanan ini akan membuat bisnis Anda muncul di Google Map. Ketika pelanggan Anda mencari jasa di Google, kemungkinan mereka akan menemukan Anda.

9. Mengelola Keuangan

Ketika bisnis sudah berjalan, keuangan adalah bahan bakar penggerak bisnis Anda. Oleh karena itu, pengelolaan uang sangat diperlukan oleh bisnis untuk melihat ke mana saja aliran dana Anda.

Pengelolaan uang yang tepat dan bisnis mulai menghasilkan profit maka Anda bisa melakukan scale-up bisnis. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis adalah dengan membuka cabang baru atau mengganti peralatan agar kapasitas produksi lebih besar.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Laundry Kiloan

Sebuah bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk jasa laundry kiloan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui masing-masing poin agar siap dengan konsekuensinya.

Kelemahan usaha laundry yang paling terlihat adalah banyaknya persaingan. Selain itu, kebanyakan orang memiliki mesin cuci sehingga Anda perlu pintar mencari market Anda. Semua peralatan punya batasan usia sehingga butuh biaya perawatan. Bisnis laundry juga termasuk bisnis yang rawan komplain.

Keuntungan usaha laundry yaitu mudah dijalankan oleh siapapun karena tidak menuntut skill khusus. Memiliki pelanggan yang loyal akan membuat bisnis Anda bertahan lama. Jika lokasi rumah dekat dekan pelanggan maka Anda tidak butuh sewa tempat. Cashflow tinggi karena satu orang bisa me-laundry seminggu dua kali.

Itulah uraian tahapan cara memulai bisnis usaha laundry dari awal. Meskipun bisnis laundry tampak sederhana, tetapi pada kenyataannya membutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat agar berhasil. Butuh inspirasi bisnis? Silakan bagikan tulisan ini agar memberikan solusi bisnis untuk orang-orang terdekat Anda.

7. Mencari modal komersial

Modal penting untuk menjalankan bisnis. Tanpa modal, tidak semua business plan dan plan dapat berjalan dengan lancar.

Anda tidak perlu bingung mencari modal investasi dalam sebuah bisnis. Anda memiliki beberapa cara untuk dipilih, salah satunya adalah mengajukan pinjaman ekuitas bisnis dengan fintech P2P Lending.

Pinjaman P2P adalah alternatif yang lebih mudah dan lebih cepat untuk pinjaman ekuitas komersial daripada lembaga keuangan tradisional lainnya. Di P2P Lending, Anda mendapatkan pinjaman modal dari orang-orang yang bekerja sama untuk mengumpulkan uang untuk modal bisnis Anda.

Selain mudah dan cepat, keuntungan pinjaman P2P juga murah. Misalnya, Rakyat Modal Lending Lending P2P akan menentukan bunga pinjaman berdasarkan skor kredit Anda. Peringkat kredit ini didapat setelah tim People's Capital melakukan survei dan penilaian atas kinerja keuangan perusahaan Anda. Oleh karena itu, kenaikan suku bunga tidak akan menjadi beban mereka.

8. Tentukan strategi pemasaran

Strategi pemasaran penting bagi klien untuk mengenal bisnis Anda. Strategi pemasaran utama yang dapat Anda lakukan adalah mendistribusikan brosur ke tempat-tempat di mana pasar sasaran Anda berada.

Anda tahu bahwa pasar Anda sebagian besar terdiri dari pengguna ponsel pintar yang aktif di dunia internet. Melihat kondisi ini, Anda harus memasukkan strategi internet marketing ke dalam bisnis Anda. Tujuannya agar klien di sekitar Anda menemukan Anda di Internet.

Untuk mendaftarkan bisnis Anda di Internet, Anda dapat memanfaatkan layanan "Google Bisnisku". Layanan ini akan membuat bisnis Anda muncul di Google Map. Saat pelanggan Anda menelusuri layanan di Google, mereka cenderung menemukan Anda.

9. Manajemen keuangan

Ketika bisnis Anda berjalan dan berjalan, sumber daya keuangan adalah bahan bakar yang mendukung bisnis Anda. Oleh karena itu, money management sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui kemana saja uang mereka mengalir.

Dengan pengelolaan uang dan permulaan bisnis yang tepat, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda adalah dengan membuka cabang baru atau mengganti peralatan untuk meningkatkan kapasitas produksi.
Kekuatan dan kelemahan bisnis laundry kiloan

Tentu, bisnis memiliki pro dan kontra, termasuk layanan laundry. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui setiap poin untuk bersiap menghadapi konsekuensinya.

Kelemahan yang paling mencolok dalam bisnis laundry adalah banyaknya persaingan. Selain itu, kebanyakan orang memiliki mesin cuci, jadi Anda harus pintar menemukan pasar Anda. Semua peralatan memiliki batasan usia, sehingga diperlukan biaya perawatan. Bisnis laundry juga merupakan bisnis yang kena keluhan.

Keunggulan bisnis laundry adalah mudah bagi siapa saja untuk menanganinya karena tidak memerlukan keahlian khusus. Memiliki pelanggan setia akan membuat bisnis Anda bertahan lama. Jika lokasi rumah berada di dekat dekan pelanggan, maka tidak perlu menyewa tempat. Arus kas tinggi karena seseorang bisa mencuci pakaian dua kali seminggu.

Berikut ini uraian tahapan bagaimana cara memulai bisnis laundry rumahan. Meski bisnis laundry tampak sederhana, sebenarnya membutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat agar bisa sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel