Ingin Menjadi Agen Travel yang Sukses? Berikut Cara Memulai Bisnis Travel

langkah mudah untuk mulai menjadi agen perjalanan yang sukses

cara memulai bisnis travel agent yang sukses

Apakah Anda berencana untuk mendirikan biro perjalanan? Jika iya, Anda harus siap memenuhi semua aspek penting sebelum memulai bisnis ini. Mulai dari menemukan lokasi yang sempurna hingga mendapatkan izin hukum dan berkomunikasi dengan mitra, serta beberapa langkah penting lainnya yang harus diambil.

Agen perjalanan memudahkan pelanggan untuk bepergian dengan menghilangkan semua kerepotan yang terkait dengan pembelian tiket, memilih paket yang terjangkau, dll. Baru-baru ini, orang-orang menggunakan platform internet untuk mencari informasi terkait perjalanan dan membeli tiket serta paket liburan. Ini memberi sinyal kepada agen perjalanan offline bahwa bisnis mereka masih melambat. Namun masih ada banyak ruang untuk biro perjalanan tradisional atau offline yang masih mengalami pertumbuhan dalam penjualan, mengingat bisnis mereka yang sudah lama berdiri.

Apakah Anda ingin menjadi agen perjalanan online atau offline tradisional? Anda harus mengikuti beberapa dasar dalam pekerjaan ini. Ingatlah bahwa bisnis Anda memiliki banyak pesaing. Anda juga harus ingat bahwa orang pada umumnya mempercayai agen perjalanan untuk waktu yang lama dan yang menganggap mereka lebih berpengalaman. Maka akan sulit bagi Anda untuk diperhatikan. Dasar-dasar ini akan membantu Anda memulai bisnis agen perjalanan yang sukses.

Berikut cara membuka bisnis travel online

Temukan segmen pasar Anda

Pertama-tama, aspek penting yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui peluang pasar Anda. Salah satu kesalahan yang dilakukan banyak pemilik biro perjalanan baru adalah mereka ingin memberikan semuanya. Dengan cara ini, mereka menyerukan persaingan ketat dari mana-mana. Tidaklah bijaksana untuk memulai bisnis karena kurangnya pengalaman dan sumber daya.

Apa peluang Anda? Untuk menemukannya, Anda perlu melakukan pencarian menyeluruh. Misalnya, jika Anda sedang melihat-lihat pasar, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa pengantin baru lebih suka bepergian untuk memilih paket bakpacker. Mereka tidak ingin menghabiskan hari-hari bulan madu mereka dengan cara tradisional dan santai. Sebaliknya, mereka mencari tujuan petualangan. Jika ternyata tidak banyak agen perjalanan yang menawarkan paket perjalanan khusus untuk pasangan ini, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan penawaran.

Buat rencana bisnis yang efektif

Rencana bisnis yang efektif membuat Anda tetap pada jalurnya. Ini memandu Anda dalam pencarian Anda untuk menjadi agen perjalanan yang sukses. Tetapi rencana bisnis bukanlah tentang menetapkan tujuan acak dan mendapatkan gambaran kasar tentang apa yang akan Anda lakukan. Jauh lebih dari itu. Padahal, Anda harus menyiapkan rencana yang detail.

Anda harus memasukkan beberapa poin penting dalam rencana bisnis. Ini harus didasarkan pada analisis pasar dan strategi penjualan. Pastikan untuk menyebutkan persyaratan pembiayaan dan proyeksi keuangan Anda. Jelaskan bisnis Anda dengan benar sehingga Anda memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan bisnis Anda.

Pertimbangkan juga untuk memasukkan beberapa poin lainnya. Rencana tersebut harus menunjukkan sumber daya yang tersedia bagi Anda untuk mulai menjadi agen perjalanan. Jangan lupa untuk menentukan tujuan dan sasaran bisnis Anda. Pada saat yang sama, Anda perlu mengidentifikasi kendala yang mungkin Anda hadapi saat menjalankan bisnis.

Merek

Branding penting untuk semua jenis bisnis, termasuk biro perjalanan. Branding adalah tentang menciptakan persepsi tentang perusahaan dan layanan yang diberikannya. Baca arti merek karena ada penjelasan sederhana untuk memahami arti merek dengan mudah.

Cara efektif untuk menghasilkan visualisasi positif adalah dengan membuat gambar berkualitas tinggi, seperti desain logo yang bagus. Rancang item lain seperti brosur, kartu nama, kertas perusahaan, dll. Pastikan desain untuk semua alat pemasaran ini memiliki warna dan cetakan yang sama untuk menjaga konsistensi merek. Anda dapat menghubungi perusahaan desain grafis profesional untuk ini. Melalui branding, Anda dapat menyampaikan pesan merek biro perjalanan Anda kepada klien, dan mereka akan berpikiran positif terhadap layanan Anda.

Memenuhi persyaratan hukum

Agen perjalanan Anda harus mematuhi persyaratan hukum. Anda harus benar-benar meneliti hukum bisnis ini.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan di sini adalah Anda perlu memiliki merek dagang untuk bisnis Anda. Logo adalah merek dagang dari agensi Anda. Tapi begitu Anda membuat logo, daftarkan secara legal ke otoritas terkait.

Dibayar

Saat memulai sebagai agen perjalanan, pastikan Anda memiliki strategi pendanaan. Anda dapat memulai agensi dalam skala kecil atau di rumah; Saya masih membutuhkan aliran uang yang stabil untuk menutupi berbagai biaya. Jika Anda ingin bekerja dari rumah, mungkin anggota keluarga Anda dapat mendukung Anda.

Namun jika Anda membutuhkan kantor dan personel yang tepat serta pemasaran baik secara online maupun offline, Anda dapat mengajukan pinjaman bank. Ingat, Anda akan membutuhkan banyak uang untuk memasarkan dan membuat berbagai materi promosi. Misalnya kebutuhan desain website profesional, yang membutuhkan dana khusus.

Pilih lokasi yang benar

Keberhasilan bisnis agen perjalanan Anda bergantung pada lokasi Anda. Di sini, salah satu hal utama yang harus dipertimbangkan adalah lalu lintas pejalan kaki. Pilih tempat di mana orang sering bertemu dan penonton dapat melihat tanda Anda dari kejauhan.

Orang membuat kesan yang baik tentang suatu bisnis jika terletak di daerah yang bagus dengan fasilitas seperti parkir.

Jika Anda tidak mampu membeli situs yang mahal, pilih situs yang lebih sesuai. Ingat, jika bisnis perjalanan Anda memiliki posisi yang baik, itu akan sangat membantu dalam menciptakan citra merek tepercaya. Selain itu, kantor Anda harus cukup besar untuk menampung jumlah karyawan yang semakin banyak. Ini harus cocok untuk ekspansi di masa depan.

Tingkatkan bisnis perjalanan Anda

Salah satu syarat untuk pertumbuhan bisnis adalah mempromosikan bisnis Anda secara agresif di berbagai platform. Karena tidak banyak orang yang mengetahui agensi baru Anda dengan baik, Anda perlu meluncurkan kampanye promosi yang solid untuk menargetkan klien.

Pertimbangkan semua alat pemasaran dan periklanan untuk memberi tahu orang-orang tentang biro iklan Anda. Anda dapat mulai beriklan di koran lokal atau mendistribusikan brosur kepada orang-orang. Simpan brosur tentang pekerjaan Anda di kantor agar klien dapat dengan mudah mengambilnya. Anda harus menyiapkan anggaran untuk iklan online dan offline lokal.

Anda harus membuat banyak materi pemasaran seperti brosur dan kartu nama. Akan lebih baik jika Anda menyewa jasa desainer grafis profesional. Desainer memahami cara menggunakan warna dan elemen penting lainnya, yang dapat menyampaikan pesan branding biro perjalanan Anda.

Tempatkan agen perjalanan di jejaring sosial

Perusahaan modern perlu membangun kehadiran yang baik di berbagai jejaring sosial. Ini karena sebagian besar orang memiliki akun media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram untuk berbagi ide tentang suatu topik. Agensi Anda dapat menemukan klien atau klien potensial di jejaring sosial ini.

Pertama-tama, buat halaman media sosial khusus. Pastikan desain halaman terlihat unik dan mengesankan. Ini harus menonjol dari halaman pesaing Anda. Kemudian posting konten tentang bisnis perjalanan Anda secara teratur. Beri tahu orang-orang tentang diskon terbaru atau paket lainnya.

Fokus pada membangun hubungan dengan klien

Tidak ada bisnis yang bisa berkembang tanpa menjalin hubungan dengan klien. Agen perjalanan Anda harus mengambil langkah-langkah untuk membangun hubungan dengan berbagai klien individu yang telah menggunakan agen Anda atau kemungkinan besar akan menggunakan agen Anda dalam waktu dekat. Pastikan Anda melatih karyawan Anda tentang cara memperlakukan tamu saat mereka menikmati liburan. Koki lokal, pemandu wisata dan supir, semua staf harus memahami nilai memperlakukan pelanggan mereka dengan baik.

Jika pelanggan mengajukan keluhan secara offline atau di situs web Anda, segera selesaikan masalahnya. Untuk membangun hubungan pelanggan yang kuat, Anda perlu membuat video untuk menjawab pertanyaan tentang perjalanan pelanggan dan mengirimi mereka email. Padahal, Anda akan membutuhkan banyak ide desain grafis untuk membuat materi yang membantu Anda berkomunikasi dengan klien.

Cara menjadi travel agen online yang sukses

Cari pasangan

Anda tidak dapat menjalankan biro perjalanan jika Anda tidak mempresentasikan sesuatu dari bisnis Anda. Anda perlu menjual tiket, paket liburan, dll. Kepada klien potensial. Darimana kamu mendapatkan ini? Tentu saja, Anda harus menghubungi beberapa perusahaan perjalanan yang mapan dan mencoba menjalin kemitraan yang saling menguntungkan. Misalkan Anda menyediakan layanan untuk mempromosikan atau menjual paket perjalanan ke pelanggan Anda. Ini akan menguntungkan mereka dalam hal penjualan dan bisnis mereka sendiri dalam mendapatkan komisi dan penjualan pelanggan.

Tetapi bekerja sama dengan mereka tidaklah mudah. Operator bersertifikat akan mengajukan banyak pertanyaan tentang biro perjalanan yang baru memulai. Yang terpenting, mereka ingin mengetahui persentase komisi yang akan dikenakan biro perjalanan Anda. Oleh karena itu, dapatkan persentase kompetitif yang harus Anda pertimbangkan sebelumnya. Ingatlah bahwa agensi baru Anda mungkin belum berada dalam posisi untuk mengenakan biaya yang terlalu tinggi.

Hal lain yang perlu disebutkan di sini adalah Anda harus bisa mendapatkan kepercayaan pasangan Anda. Setelah mereka yakin dengan kemampuan Anda untuk menjual, mereka dapat mempertimbangkan permintaan Anda untuk mendapatkan komisi yang lebih baik.

Pertama, bangun citra merek Anda. Jaga reputasi agen perjalanan Anda dengan menyelesaikan masalah perjalanan pelanggan. Anda juga harus mempertimbangkan untuk bermitra dengan agensi yang menyediakan layanan desain grafis. Anda akan membutuhkan layanan mereka untuk membuat materi pemasaran secara teratur. 

Tingkatkan bisnis Anda di Internet

Agen perjalanan online harus terlihat oleh calon klien saat mengetikkan kata kunci untuk menemukan agen serupa di web. Ini disebut pengoptimalan mesin telusur web. Jika situs ini tidak muncul di hasil pencarian pertama, sebagian besar pelanggan mungkin tidak akan mencari lebih banyak situs di halaman berikutnya. Mereka hanya akan mengklik situs dengan peringkat tertinggi.

Jadi, optimalkan situs web perjalanan Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Namun, syarat pertama untuk perbaikan adalah desain situs web Anda sempurna. Ini berarti kata kunci situs web harus dimasukkan di tempat yang benar di konten webnya. Buat strategi pemasaran konten yang kuat yang akan membantu Anda membangun peringkat situs web biro perjalanan Anda.

Jika Anda menemui kesulitan atau masalah dalam hal ini, Anda dapat menghubungi perusahaan jasa pembuatan website.

Tetapkan tujuan praktis 

Banyak agen perjalanan menetapkan tujuan luhur dalam semangat mereka untuk mendapatkan keuntungan langsung. Tetapi kebanyakan dari mereka akhirnya mencapai sangat sedikit dari tujuan mereka.

Para ahli menyarankan bahwa agen harus menetapkan tujuan penjualan yang realistis dan tetap rendah saat memulai agen perjalanan. Pertama, pertimbangkan pengeluaran dan pengeluaran lain-lain Anda, dan keuangan pribadi Anda. Setelah Anda memesan jumlah ini, uang yang Anda peroleh juga akan menjadi pendapatan penjualan Anda. Jadi temukan tujuan penjualan realistis Anda.

Peluang penjualan

Beberapa agen cenderung menunggu calon pelanggan. Mereka adalah pelanggan yang tidak ingin meninggalkan zona nyamannya. Mereka menunggu kondisi membaik dan akhirnya kehilangan target penjualan.

Alih-alih menunggu klien melewati pintu kantor Anda, cara terbaik adalah mendekati mereka. Anda harus melakukan yang terbaik untuk menghubungi klien potensial Anda. Kapanpun Anda mendapatkan kesempatan, manfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Demikian artikel saya tentang Ingin Menjadi Agen Travel yang Sukses? Berikut Cara Memulai Bisnis Travel. Semoga sedikitnya bisa membantu anda dalam mencoba langkah memulai bisnis anda. Kritik dan saran dipersilakan untuk mengembangkan ilmu serta pengetahuan kita bersama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel